Penyedia Jasa Ekspedisi Sebagai Garda Terdepan dalam Pendistribusian Produk Lokal

Internet barangkali merupakan teknologi yang paling sering digunakan di era modern. Kini, internet sudah bisa diakses siapa saja, di mana saja, dan dari mana saja asalkan memiliki perangkatnya.

Ketika kita berbincang-bincang tentang internet, kerap kali topik obrolan kita berada di seputar sisi positif dan negatifnya. Boleh dibilang perbincangan kita terkait internet memang tak jauh-jauh dari topik itu.

Terlepas dari dampak buruk yang ditimbulkannya, adalah benar bahwa internet memiliki peranan besar di segala aktivitas praktis manusia dewasa ini, misalnya kegiatan jual-beli yang dilakukan secara daring.

Sebab adanya internet, masyarakat lokal jadi bisa memperdagangkan produknya ke mana pun dan dari mana pun tanpa perlu memiliki toko fisik.

Dikarenakan adanya internet, semua orang mempunyai kesempatan yang sama dalam mempromosikan barang dagangannya agar lebih dilirik khalayak.

Dengan demikian, produk lokal kian dikenal dan bahkan dapat menjangkau lokasi-lokasi yang jauh, tidak seperti halnya saat kita hanya mengandalkan toko fisik saja.

Meski begitu, dalam hal ini sepertinya masih terdapat satu variabel lain yang sama pentingnya dengan internet, yakni penyedia jasa ekspedisi atau layanan pengiriman barang.

Lantas, seberapa penting peran penyedia jasa ekspedisi dalam mendistribusikan produk lokal? Apakah keandalan penyedia jasa ini akan berdampak pada tinggi-rendahnya jumlah permintaan akan produk-produk tersebut?

Simak terus catatan pendek kali ini sebab kedua persoalan di atas akan dibahas secara tuntas di sini.


A. Pentingnya Peran Penyedia Jasa Ekspedisi dalam Pendistribusian Produk Lokal

Jasa ekspedisi memiliki peranan penting dalam pendistribusian produk lokal, tentunya peranannya sebanding dengan peranan internet dalam memperluas visibilitas produk-produk tersebut.

Bila internet merupakan garda paling belakang yang membantu para pelaku usaha dalam memasarkan produknya, maka penyedia jasa ekspedisi adalah garda terdepan yang mendistribusikan produk mereka.

Penyedia jasa ekspedisi memiliki peranan untuk mengawal barang dagangan Teman-Teman pengusaha lokal hingga akhirnya tiba di tangan para pembeli dengan keadaan selamat sentosa tanpa kekurangan suatu apa pun.

Mereka pulalah yang mengantarkan produk-produk itu sampai ke daerah-daerah yang jauh dari jangkauan penjual, lebih-lebih lagi sampai menyusur masuk ke dalam gang-gang sempit.

Dari sini dapat kita lihat betapa pentingnya jasa ekspedisi dalam penyaluran produk lokal kepada masyarakat luas.

Lalu, pertanyaan berikutnya adalah: penyedia jasa ekspedisi yang seperti apa yang mampu memberikan dampak positif terhadap jumlah permintaan produk lokal?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan berangkat dari dua asumsi, antara lain yaitu produk (termasuk pelayanannya) tersebut memiliki kualitas yang baik dan gaya pemasaran yang digunakan juga menarik.

Saat akad jual-beli disetujui, selanjutnya pihak penjual akan mengirimkan produk tersebut kepada pihak pembeli melalui penyedia jasa ekspedisi dikarenakan adanya perbedaan jarak yang sangat berarti di antara si penjual dengan si pembeli.

Setelah itu, penyedia jasa ekspedisi selaku pihak ketiga yang telah diberikan amanat oleh si penjual kemudian mengantarkan produk-produk itu ke lokasi tujuan dengan tepat waktu tanpa ada kerusakan sedikit pun.

Dengan begitu, maka penyedia jasa ekspedisi yang kita butuhkan adalah sebuah perusahaan pengiriman barang yang amanah dan profesional.

Mengapa harus seperti itu? Karena ketika pembeli menerima barang pesanannya dalam keadaan sehat walafiat serta periode pengirimannya tidak molor dari apa yang sudah disepakati, alhasil mereka akan merasa senang sekali.

Kalau pembeli puas dengan produk yang sudah dibelinya, kemungkinan besar mereka akan membelinya lagi di tempat yang sama.

Di lain kesempatan, boleh jadi pembeli-pembeli itu juga akan merekomendasikan produk tersebut kepada saudaranya, temannya, tetangganya, dan sebagainya.

Apabila di kemudian hari hasilnya memang demikian adanya, maka peningkatan jumlah permintaan produk lokal tak sekadar angan-angan belaka, melainkan tepat di depan mata.

Di sisi yang lain, si penjual juga akan melakukan hal serupa terhadap penyedia jasa ekspedisi yang dipilihnya seperti yang ditunjukkan oleh ilustrasi berikut ini.

Segitiga Distribusi Produk

Tak cuma sebatas itu, pihak penyedia jasa ekspedisi pun turut merasa diuntungkan sebab layanan yang mereka sediakan berpeluang untuk digunakan kembali oleh penggunanya.

Alasan utama mengapa hal ini dimungkinkan terjadi ialah karena tingkat kepercayaan para pelanggan terhadap layanan mereka sudah tinggi dan keadaan ini dapat diperoleh bilamana si penyedia jasa terus-menerus mempertahankan kualitas jasanya, serupa halnya ketika kita menjual suatu produk.

Walhasil, ekosistem bisnis yang saling menguntungkan telah berhasil dicapai oleh ketiga pihak yang bersangkutan.


B. JNE: Salah Satu Penyedia Layanan Ekspedisi Terbesar di Indonesia

Selaku salah satu penyedia layanan ekspedisi terbesar di Indonesia, visi JNE yaitu menjadi perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global.

Semangat ini terlihat dari perjalanan panjang yang telah dilalui JNE dalam misinya untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

Bermula sejak tahun 1990, hingga kini JNE terus melakukan berbagi inovasi di dunia ekspedisi, terkhusus di wilayah Indonesia.

Inovasi tersebut dilakukan JNE dengan cara-cara yang kreatif, mulai dari menggunakan wartel untuk mendukung kegiatan operasional agen pengiriman (sistem drop point) sampai dengan menyediakan layanan pengiriman barang secara instan (dengan perkiraan waktu pengiriman hanya satu jam saja) melalui aplikasi Roket Indonesia.

Perjalanan JNE selama lebih dari 33 tahun ini tak mungkin berjalanan mulus tanpa adanya kerja keras dalam menjaga konsistensi terkait kualitas layanannya sehingga JNE masih tetap dipercaya para pelanggannya hingga detik ini.

Berdasarkan portofolio yang sudah dilakukan JNE, saya kira Teman-Teman pengusaha lokal dapat menjadikan JNE sebagai referensi ketika memilih penyedia jasa ekspedisi yang akan mendistribusikan produk-produk mereka.


C. Penutup

Dalam upaya mengurangi jumlah konsumsi produk impor, kita sepakat bahwa hal ini tak mungkin dapat dicapai tanpa adanya usaha bersama-sama.

Agar produk lokal semakin dikenal oleh publik, maka pengusaha-pengusaha lokal mesti terus-menerus meningkatkan kualitas produknya dan kemudian memasarkannya dengan cara sekreatif mungkin, sedangkan bagi penyedia jasa ekspedisi, mereka harus selalu amanah dan profesional ketika mendistribusikan produk tersebut.

Di sisi yang berbeda, para pembeli bisa memberikan saran dan dukungan terhadap produk yang dibelinya seperti memberikan ulasan dan merekomendasikan produk-produk itu kepada orang lain.

Berkenaan dengan hal itu, selaku penulis lepas, tulisan ini merupakan upaya kreatif saya untuk mendorong semua pihak supaya saling bekerjasama dengan tujuan: meningkatkan jumlah konsumsi produk lokal.

Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan manfaat di dalam pendistribusian produk lokal kita.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada JNE karena telah mengadakan "JNE Content Competition 2024" dalam rangka merayakan hari ulang tahun JNE yang ke-33.


#JNE #ConnectingHappiness #JNE33Tahun #JNEContentCompetition2024 #GasssTerusSemangatKreativitasnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vest-Backpack: Semacam Rompi Dwifungsi

Semacam Prakata

Ngopi di Kopijon